Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Selasa, 12 Februari 2008

Olahraga Tradisional Perlu Diangkat Kembali

oleh : Hartono

Borneo Tribune, Pontianak

Olahraga tradisional yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, adalah berasal dari permainan rakyat sebagai warisan leluhur bangsa dinilai perlu diangkat kembali oleh semua pihak. Demikian disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat, Mahin, S.Sos, ketika ditemui di ruang kerja Selasa, (12/2) kemarin.

“Oleh sebab itu, pemerintah bersama-sama dengan masyarakat berkewajiban untuk mengaktualisasikan potensi daerah yang dapat dibanggakan sebagai alat pemersatu bagi masyarakat kalbar tanpa mmbedakan satu etnis,” ujarnya.

Selanjutnya ia menambahkan, olah raga tradisional merupakan jenis olahraga yang telah lama ada, tumbuh dan mengakar, olah karenanya perlu untuk dikembang kembali dengan melibatkan semua komponen yang ada di Kalbar.

”Olahraga tradisional yang merupakan permainan rakyat, kaya akan nuansa seni, dan adat istiadat, kenyataannya hampir punah, salah satu diantaranya adalah permainan pangka gasing,” papar Mahin.

Politisi Demokrat ini juga menegaskan, olahraga tradisional perlu terus digali, dilestarikan dan dikembangkan seperti daerah lain. “Sebab saya melihat olahraga di Kalbar nyaris tidak terdengar, termasuk olahraga tradisional,” kata Mahin.

“Agar olahraga ini dapat diwariskan kepada generasi muda tentunya semua pihak dinilai perlu memperbanyak iven yang bertajuk olahraga tradisonal, misalnya pangka gasing dan nyunpit,” katanya.

Ia menegaskan untuk mengembangkan olahraga tradidional ini, perlu melibatkan berbagai unsur terkait baik itu pemerintah pusat, daerah, organisasi olahraga masyarakat maupun masyarakat umum, supaya olahraga tradisional dapat disejajarkan dengan olahraga-olahraga lainnya yang telah ada d

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com