Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 18 Juni 2009

Ada Sekolah Lulus 100 Persen, Tapi Belum Sempurna

Hermanus Hartono
Borneo
Tribune, Sekadau

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sekadau, Rabu (18/6) secara srempak mengumumkan kelulusan siswa-siswi Sekolah Menengah Umum (SMU), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kabar kelulusan siswa-siswi di Kabupaten Sekadau tahun 2009 ini terbilang cukup baik. Namun dibalik itu ada beberapa sekolah yang terpaksa harus meneteskan air matanya. Ada beberapa sekolah yang berhasil meloloskan siswa-siswinya 100 persen, tetapi masih dikatakan belum sempurna.

Kenapa? Kelulusan 100 persen yang berhasil diraih oleh sekolah tersebut, ternyata hanya pada salah satu jurusan saja. Misalkan sekolah yang bersangkutan untuk jurusan IPA lulus 100 persen, tetapi untuk jurusan IPS dia gagal. Atau sebaliknya, dia berhasil di jurusan IPS tetapi gagal di jurusan IPA. Hal ini yang terjadi dibeberapa sekolah di Kabupaten Sekadau pasca pengumuman UN Rabu (17/6), lalu.

Kepala Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sekadau, Utin Diana Kumala, saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (18/6), kemarin menyebutkan, adapun SMA yang lulusnya tidak sempurna itu antara lain, SMA Negeri 1 Belitang Hilir dan SMA Negeri 1 Nanga Taman. Dua sekolah dimaksud hanya berhasil menjebolkan 100 persen peserta didiknya pada jurusan IPA. Sedangkan untuk jurusan IPS sekolah dimaksud gagal.

Demikian juga dengan SMA PGRI Tapang Semadak dan SMA PGRI Timpuk. Dua sekolah dimaksud juga berhasil menjebolkan 100 persen peserta didiknya pada jurusan IPS, sedangkan di jurusan IPA sekolah yang bersangkutan gagal.

Lain halnya dengan SMA Karya Sekadau dan SMA Negeri 1 Sekadau Hilir. Dua sekolah ini ungkap wanita ramah ini, secara utuh berhasil menjebolkan 100 persen peserta didiknya baik pada jurusan IPS maupun jurusan IPA.


Diakuinya, persentasi kelulusan SMA tahun 2009 ini mengalami peningkatan bila sebesar 88,84 persen. Tahun 2008 lalu Kabupaten Sekadau hanya cukup bertahap pada di posisi 74,84 persen.

Kepada siswa-siswi yang tidak lulus, kembali Utin menyarankan untuk menyiapkan diri ikut ujian paket C yang akan dilaksanakan tanggal 23 Juni 2009 ini. ”Siswa harus belajar keras agar lulus ujian paket C,” uncap Utin dengan nada berpesan.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com