Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 02 April 2009

Djemain: Orang Tua Penentu Keberhasilan Anak


Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

”Orangtua tua memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan anak di bidang pendidikan, terutama di sekolah,” demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Drs. Djemain,.MM ketika ditemui di ruang kerja belum lama ini.

Menurut Djemain, bahwa pendidikan anak tidak hanya pendidikan formal di sekolah, dan merupakan tanggung jawab sekolah saja. Selain pendidikan formal, masih banyak jenis pendidikan lain yang harus diberikan orangtua terhadap anak-anaknya di rumah, agar kelak bisa berhasil dalam kehidupannya.

Termasuk masalah keberhasilan yang akan dicapai oleh si anak dalam menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN) yang sudah di ambang pintu. Dikatakannya, kelulusan anak tidak serta merta ditentukan oleh pihak sekolah atau dinas pendidikan semata, tetapi harus melalui dukungan dari pihak orang tua.

”Contoh kecil, ayo nak sekarang udah waktu belajar, silahkan belajar, apalagi UAN sudah semakin dekat, ingat keberhasilan mu ada di tangan mu sendiri,”ucap Djemain.

Tidak dapat dielak lagi bahwa pendidikan anak semuanya akan berpulang kepada para orangtua itu sendiri. Sekolah sekadar media dalam memberi pendidikan dan pengajaran anak.

”Pelaksanaan UAN tidak lama lagi akan berlangsung, untuk itu kita minta kepada orang tua agar mengawasi anaknya, terlebih dengan hiburan dan riak-riuh kampnye, jangan sampai mereka ikut terlena dengan hiburan tersebut yang akhirnya membuat meeka lupa belajar,” papar Djemain.

Buku yang ditulis Chairinniza Graha memberikan panduan kepada para orangtua, bagaimana cara membimbing dan mendidik anak, tidak saja untuk membuat anak menjadi cerdas, tetapi juga mengembangkan kemampuan dan kecakapan anak di bidang lainnya yang berhubungan dengan kemampuan sosial, dan pembentukan diri sebagai pondasi dalam diri anak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik hingga dewasa.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com