Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 18 Juni 2009

Keberadaan Pustu di Pedesaan Sangat Penting

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Kepala dusun Kedomba, Desa Gonis Tekam Kecamatan Sekadau Hilir, Sukarmin mengingatkan kepada dinas terkait dalam hal ini dinas kesehatan Kabupaten Sekadau, bahwa keberadaan puskmas pembantu (Pustu) di daerah pedesan dinilai sangat penting.

Menurutnya, keberadaan pustu di desa Gonis Tekam yang meliputi Dusun Kedomba, Segori, Seatwar dan Seransa sudah semestinya menjadi perhatian dinas kesehatan, sebab seperti yang mereka alami selama ini setiap mau berobat harus turun di Puskemas Simpang Empat Kayu Lapis. Bukan main masing-masing jarak yang harus mereka tempuh ke Puskesmas Simpang Empat Kayu lapis mulai dari 21 km, 15 dan 9 km.

Belum lagi kalau musim penghujan, masyarakat yang berada di daerah tersebut hampir tidak bisa berbuat apa-apa lantaran kondisi jalan yang hancur lebuar akibat lumpur. Kondisi demikian tentu mebuat mereka sulit dan tidak bisa berbuat banyak selain harus menunggu musin panas.

Menurut Sukarmin, kalau sekedar penyakit ringan yang dialami seperti sakit kepala, pusing atau sakit perut tidak terlalu membuat masyarakat pusing tujuh keliling, tetapi bagi ibu-ibu yang mau melahirkan jelas terasa sulit. Apalagi kalau sakit yang dialaminya saat malam hari.

Bahkan karena mereka anggap baegitu pentingnya keberadaan pustu tersebut, masyarakat setempat kata Sukarmin sudah setuju untuk pembebasan lahan. “Lahannya sudah kita siapkan, tinggal menunggu kapan pembangunannya dilakukan,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com