Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 18 Juni 2009

Pembangunan Air Bersih Telan 124 Milyar

Hermanus Hartono
Borneo
Tribune, Sekadau

Proyek pembangunan air bersih Kabupaten Sekadau yang akan dilaksanakan tahun 2009 ini di Sungai Meragun Kecamatan Nanga Taman, sedikitnya akan menelan biaya sebesar 124 milyar. Besarnya biaya dimaksud bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2009-2011.

Demikian pernyataan yang ungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sekadau, Suyitno ketika ditemui di ruang kerjanya Kamis (18/6), kemarin. Menurut Suyitno, ada tiga kota yang akan mendapat air tersebut, diantaranya Kota Kecamatan Nanga Taman, Sekadau Hulu (Rawak) dan Kota Sekadau.

Untuk Kota Kecamatan Nanga Mahap, kata Yitno, terpaksa belum bisa dipenuhi, hal itu dikarenakan pembanguna air bersih yang direncanakan akan beroperasi tahun 2011 itu menggunakan system gravitasi. “Pendistribusiannya dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah. Kita akan salurkan air bersih tersebut ke kota yang memiliki dataran rendah,” ujarnya.

Lebih lanjut Yitno menyebutkan, air bersih tersebut selain untuk kebutuhan tiga kota, juga untuk kebutuhan desa. “Kita akan tinjau desa apa saja yang bisa peroleh air bersih dimaksud,” ungkapnya.

Yitno menyebutkan, air bersih itu akan beroperasi selama 24 jam, dengan debet yang dihasilkan 50 hingga 100 liter perdetik. Maka dengan demikian kebutuhan masyarakat Sekadau akan air bersih akan terpenuhi sepanjang waktu.

Selama ini masyarakat Kabupaten Sekadau hanya bisa bisa nikmati air berih yang disediakan oleh PDAM sekitar 8 hingga 10 jam atau sekitar 20 liter perdetik. “Dengan semakin padatnya penduduk, kebutuhan tersebut jelas tidak cukup. Dengan anggaran yang terbatas Pemkab Sekadau tetap berupaya beri yang terbaik untuk masyarakatnya,” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com