Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Jumat, 04 Juni 2010

PM Kesbang Sekadau Gelar Semiloka Perispan PNPM-MP Tahun 2010


Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Badan Pemberdayaan Masyarakat, Kesatuan Bangsa dan Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan Kabupaten Sekadau kamis (3/6), menggelar Semiloka semiloka DPRD dan SKPD dalam rangka evaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dan persiapan PNPM-MP tahun 2010.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung kateketik kompleks pastoran Sekadau di buka oleh Sekda Kabupaten Sekadau Awang Asnawi mewakili bupati Sekadau. sambutan bupati yang dibacakan oleh Sekda Sekadau Awang Asnawi mengatakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) merupakan salah satu kebijkan yang ditempu pemerintah dalam meningkatkan kemampuan sehingga diharapkan mampu memberikan perubahan bagi kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan Awang, beberapa aspek keberhasilan yang dimiliki oleh PNPM-MP antara lain meningkatnya kemampuan masyarakat dan pemerintah local dalam pengelolaan kegiatan pembangunan desa, biaya kegiatan relaitf murah, dibandingkan jika dialksanakan oleh pihak lain dan yang terakhir masyarakat terlibat secara penuh dalam perencanaan pelaksanaan dan pengendalian.

“Kemauan dan komitmen antar pelaku PNPM-MP, terutama pemerintah dengan pemerintah daerah dan masyarakat menjadi factor yang amat penting dalam mesnsukseskan tujuan dimaksud,” ujar pria asal kota Amoi Singkawang itu.

Lebih jauh dikatakan Awang, implementasi PNPM Mandiri tahun 2009 ditandai dengan peningkatan secara kuantitatif lokasi program dari enam kecamatan pada tahun 2008, menjadi tujuh kecamatan dengan dukungan dana bantuan langsung masyarakat sebesar Rp8.500.000.000 bersumber BLM APBN sebesar Rp6.980.000.000 dan dana daerah urusan bersama (APBD) Kabupaten Sekadau sebesar Rp 1.520.000.000. dana tersebut digunakan untuk membiayai kegiatan fisik di 34 desa di tujuh kecamatan.

“PNPM-MP dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah perdesaan,” paparnya.

Dalam PNPM Mandiri Perdesaan, seluruh anggota masyarakat diajak terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan dalam penggunaan dan pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pada pelaksanaan kegiatan dan pelestariannya.

Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan berada di bawah binaan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Departemen Dalam Negeri. Program ini didukung dengan pembiayaan yang berasal dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dana hibah dari sejumlah lembaga pemberi bantuan dibawah koordinasi Bank Dunia.

Sementara itu kepala badan PM, Kesbang dan Pemdes Kabupaten Sekadau Matheus Thius dalam laporannya mengatakan semiloka DPRD dan SKPD Kabupaten Sekadau ysng dilaksanakan sekarang ini, dalam rangka evaluasi pelaksanaan PNPM tahun 2009 dan perispan PNPM-MP tahun 2010.

Tujuan dilaksanakannya semiloka ini ungkap Matheus untuk meningkatkan kapasitas evaluatif, kritik dan pertanggung jawaban dari dan antrar komponen tim koordinasi PNPM-MP, kedua untuk mengembangkan kelembagaan pembinaan PNPM-MP yang semakin obyektif, rasional dan bertanggung jawab bagi transisi dan otonomi daerah dan yang ketiga adalah untuk mempersiapkan pelaksanaan PNPM-MP tahun anggaran 2010.

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan semiloka tersebut ungkap bapak yang dikenal ramah ini, antara lain berjumlah 98 orang yang terdiri dari tim koordinasi PNPM-MP provinsi satu orang, tim koordinasi PNPM-MP Kabupaten Sekadau yang terdiri dari camat, DPRD Kabupaten Sekadau, para fasilitator, kepala desa dan LSM.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com