Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Sabtu, 05 Januari 2008

3 Koperasi dan PT.CU Tandatangani MoU

By. Hartono

Untuk meningkatkan kemitraan, PT. Central Utama (PT. CU) yang bergerak di bidang perkebunan sawit resmi menjalin kerjasama dengan 3 koperasi di Kabupaten Landak.
Kedua koperasi tersebut adalah Ne ’Raya’Jaya, Koperasi Dait Jaya dan Koperasi Pade Jaya. Kerjasama tersebut ditandai penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak perusahaan dengan pengelola koperasi serta Pemkab Kabupaten Landak di Restoran Gajah Mada Pontianak, Kamis (4/1).
PT. CU adalah sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak.
Demikian ditegaskan Manager PT Central Utama Juneidi Sungkono.
Kerjasama perkebunan ini terjalin melalui kemitraan antara anak-anak perusahaan PT CU, yaitu PT. Erlangga Sawit Jaya (PT. ESJ), PT. Charindo Palma Oetama (PT. CPO) dan PT. Satria Multi Sukses (PT. SMS). Ketiganya masing-masing bermitra dengan Koperasi Pade Jaya (KPJ), Koperasi Dait Jaya (KDJ) dan dengan Koperasi Ne “Jaraya” Jaya (KNJJ).
Penandatangan MoU berlangsung sederhana, dihadiri Bupati Landak yang sebentar lagi akan menjabat sebagai Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH, Kapolres Landak, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Landak, serta para undangan.
Perusahaan ini menurut Juneidi pertama kalinya bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yakni pada tahun 2006. Sebelumnya mengelola sejumlah pembibitan termasuk sawit dan mengelola bidang peternakan.
Dalam pidato singkatnya ia memaparkan luas lahan yang digarap oleh PT. CU adalah 678.000 Ha. Luas ini dibagi dalam tiga bagian, antara lain untuk lahan PT. ESJ dengan KPJ 20.000 Ha, PT. CPO dengan KDJ 18.000-33.000 Ha, dan PT. SMS dengan KNJJ 29.000.
“Penanaman pertama kita lakukan di Desa Jambu dengan pemanfaatan lahan seluas 120 Ha,” paparnya.
Menurut Juneidi, perusahaan yang akan beropearasi 2008 ini telah membangun kebutuhan masyarakat setempat. Yang dimaksud adalah jembatan gantung, sejumlah tempat ibadah, pembangunan fasilitas olahraga dan pembangunan air bersih.
Diakhir pidatonya pengusaha tersebut mengatakan, sebagai perusahaan yang baru bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit tentunya pihaknya mengalami banyak rintangan. Dari itu ia mengajak semua pihak supaya dapat mendukung semua rencana baik perusahaan tersebut.
Cornelis, dalam sambutannya mengatakan dalam rangka mewujudkan pembangunan, diperlukan kerja sama yang baik antara tiga komponen yakni masyarakat, pemerintah dan pemilik modal atau perusahaan.
Dia berharap benturan-benturan yang kerap terjadi karena pihak perusahaan jarang memanfaatkan masyarakat setempat, sehingga muncul cemburui sosial.
Cornelis berpesan, Dinas Perkebunan maupun Pertanian Kabupaten Landak secepatnya menyerahkan berita acara kerjasama tersebut kepada DPRD untuk diproses.
Mengenai pembebasan lahan menurutnya dapat diselesaikan dengan rasa kemanusia sehingga proses administrasi dapat berjalan sesuai prosedur yang baik.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com