Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Rabu, 11 Maret 2009

Pemkab Sekadau Komit Perbaiki Nasib Rakyat


Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Pemerintah Kabupaten Sekadau berkomitmen untuk memperbaiki nasib rakyatnya, baik yang tinggal di perkotaan maupun daerah pedalaman, melalui bidang infrastruktur seperti jalan, jembatan, kesehatan, pendidikan, pertanian dan sebagainya. Komitment yang dibuat oleh Pemkab Sekadau semata-mata bertujuan untuk mensejahterkan masyarakat.
Di bidang social misalnya, Pemkab telah membantu masyarakat yang menderita lumpuh layu, cacat fisik, cacat mental dan gangguan jiwa. Semua masalah sosaial tersebut sudah ditangani oleh Pemkab, mulai dari pendataan hingga pengobatan.
”Kita akan tangani mereka sampai sampai benar-benar sembuh, kita juga siap memberikan pelayanan kepada mereka mulai dari penjemputan hingga pemulangan ke tempat asal di mana mereka tinggal. Dan terbukti sudah banyak msyarakat yang telah sembuh dan di pulangkan ke kampung masing-masing,” Demikian penuturan yang disampaikan Bupati Sekadau Simon Petrus, ketika ditemui di ruang kerjannya Jumat (6/3) pekan lalu.
Selain masalah sosial Simon juga menyoroti masalah kerusakan jalan Nasional arah Timur yang kian hari semakin parah, terutama yang terletak di dalam kota Sekadau. Meski demikian Pemkab Sekadau tidak tinggal diam dengan kondisi tersebut. Pemerintah daerah telah banyak berbuat dalam memperbaiki jalan nasional itu walaupun diluar kewenangan pemerintah daerah. ”Ini yang sudah kita lakukan untuk kepentingan rakyat kita,” tutur orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini.
Simon mencontohkan pelebaran jalan yang dilakukan sepanjang 15 kilo meter yang di lakukan mulai dari Dusun Senuruk sampai ke Pal 10 Jalan Sintang. Selain itu pemerintah daerah juga telah berupaya dalam meningkatkan jalan menuju kecamatan-kecamatan bahkan samapi ke tingkat desa.
Akses jalan yang sudah dilakukan oleh Pemkab Sekadau untuk tingkat desa mulai dari pembukaan badan jalan, dan rapat beton yang dibangun melalui program PNPM. ”Program nasional yang dilaksanakan melalui PNPM dan lain sebagainya akan kita berikan kepada rakyat, karena program ini memang untuk rakyat,” ujar Ketua DPC Partai Demokrat untuk Kabupaten Sekadau ini.
Untuk mengakses jalan menuju Kabupaten Sekadau, pemrintah daerah telah membangun jalan ke desa misalkan di desa pembangunan jalan rabat beton. Masih dikatakan Simon, dalam kurun waktu lima tahun, semua akses jalan diupayakan akan bisa diakses serta dimanfaatkan secara fungsional oleh masyarakat sampai ke desa-desa. Dengan demikian nilai ekonomi masyarakat di desa bisa meningkat.
Masih dikatakan Simon, pembangunan untuk mensejahterakan rakyat semuanya akan diperioritaskan baik pembangunan fisik maupun non fisik, namun semua pembangunannya tersebut akan dilakukan secara bertahap. Saat ditanya mengenai kerusakan jalan dalam kota? Bupati pun menjawab, pemerintah daerah tidak ada wewenang menggunakan APBD daerah untuk perbaikan kerusakan tersebut, karena itulah aturannya. Namun kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakat Sekadau, jalan dalam kota Sekadau telah dilakukan penambalan lobang di sejumlah tempat-tempat yang sangat parah dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan. Berangkat dari permasalahan tersebut, Bupati Sekadau meminta dukungan pemrintah propinsi dan pusat guna memperhatikan jalan lintas timur.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com