Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Rabu, 11 Maret 2009

Surat Suara Sekadau Tiba, DPR RI dan DPD Baru Sebagian


Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Surat suara untuk pemilu legislatif dan Dewan Perwakilan Daerah tiba di gudang Komisi Pemilihan Umum Daerah Sekadau Sabtu (7/3) lalu. Surat mulai dipilah dan dilipat mulai Senin lalu supaya bisa segera didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara.
Surat suara disusun berdasar jenisnya yakni mulai dari DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota dan DPD. Setiap surat suara yang masuk gudang dicatat oleh petugas dari KPUD. Penyusunan surat suara yang ditargetkan minggu ini harus selesai dijaga ketat oleh pihak kepolisian.
"Mulai Senin lau surat suara sudah mulai dilipat. Bahkan supaya cepat kami harus lembur meskipun hari libur karena waktu yang tersisa sangat sempit," ujar Sumarno Sekretariat KPUD Sekadau ketika ditemui disela memantau peliptan suara yag terlihat menumpuk
Di tempat yang sama, pelipatan surat suara, kata Kasubag Umum KPUD Sekadau Yulianus, melibatkan sekitar 80 orang, masing-masing koordinator mengutuskan empat orang tenaga kerja yang bisa dipercaya. Tenaga tambahan itu dari kelompok masyarakat ”Proses pelipatan surat suara ini diawasi oleh panitia pengawas, aparat kepolisian, sat Pol PP dan security,” katanya.
Sebanyak 255 kotak surat suara untuk pemilihan anggota DPRD provinsi, DPD dan DPR RI masing-masing 128 kotak, DPRD kabupaten untuk Dapil I 79 kotak, Dapil II 104 kotak dan Dapil III 73 kotak, hingga berita ini diturnkan telah tiba di KPUD Sekadau. Cadangan untuk setiap dapil masing-masing dua kotak, sedangkan untuk DPD, DPRD provinsi dan kabupaten tidak ada. ”Sisanya masih dalam perjalanan,” kata Sumarno.
Sementara saat ditanya berapa surat suara yang rusak, Sumarno mengatakan hingga brita ini diturunkan sedikitnya ada 90-an surat suara yang mengalami kerusakan. Ada yang terpotong pada lipatan pertama, bertinda biru yang mengenakan beberapa nama caleg. ”Ini kerusakan yang terjadi, terus terang ini harus kita tangani, karena kita tidak mau kedepan usai pemilu ada komplein dari para caleg,” kata Marno.
Terkait dengan pendistribusian lanjut Yulianus, pihaknya berusaha bila mana dalam beberpa hari ini selesai proses pelipatannya, akan segera didistribusikan ke masing-masing kecamatan dan desa. Naun demikian sambung Yulianus untuk kotak dan bilik suara sebagain kecamatan sudah didistribusikan.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com