Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Minggu, 29 Maret 2009

RSUD Sekadau Siap Tampung Caleg Stres

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau
Waktu Pemilihan Umum (Pemilu) anggota DPR, DPD dan DPRD yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2009 sudah semakin. Kalau dihitung-hitung kurang lebih satu minggu tiga hari. Mungkin tidak sedikit diantara caleg yang merasa bimbang, apalagi persaingan yang mereka hadapi begitu berat. Caleg banyak, masyarakat pun bingung mau pilih yang mana.
Ini suatu problema sekaligus resiko yang harus mereka hadapi. Yang pandai ambil hati rakyat, barang kali ada peluang. Tapi jika ada yang suka umbar janji, alam waalam, dewi portuna pun, mungkin agak ragu memberikan kemenangan.
Berangkat dari persoalan tersebut, ada banyak pihak yang menduga, (mudah-mudahan tidak benar) tidak sedikit para caleg yang ikut berkompetisi dan tidak terpilih akan mengalami gangguan jiwa alias stres.
”Persaingan yang ketat untuk merebut kursi anggota DPR/DPRD, berpotensi besar menimbulkan gangguan jiwa bagi para caleg yang gagal dalam pemilu 9 April nanti,” ucap Andre seorang pemuda Sekadau.

Dalam kaitan ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekadau, siap menampung pasien dari caleg yang tidak terpilih. ”Seandainya nanti kegagalan itu membuat mereka mengalami gangguan jiwa. Termasuk gangguan jiwa jenis psikotik, yang umum disebut orang awam sebagai orang gila atau `hilang ingatan. Jika memang sudah parah akan kita rujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bodok Singkawang,” demikian kata Diretur RSUD Sekadau Honorius Bruno, SKM saat dihubungi via telepon, Minggu (29/3), kemarin.
Menurut Bruno, kemungkinan besar gangguan jiwa akan dialami oleh para caleg yang lama, tetapi tidak berpotensi banyak, karena rata-rata mereka sudah memiliki modal. tetapi dibalik itu jika ada yang cor-coran, mereka inilah yang memiliki potensi karena mereka berambisi sekali menjadi anggota dewan lagi.
Sedangkan caleg yang merupakan politisi baru, sedikit peluang untuk mengalami stres. ”Bisa saja ada yang stres, dan itu untuk caleg yang mungkin saja banyak keluarkan modal,” ungkap Bruno. Terkait dengan fasilitas, seperti ruangan dan lain sebagainya sambung Bruno, hampir tidak bermasalah. ”Dengan keterbatasan fasilitas yang kita miliki, kita berupaya memberikan pelayanan kepada mereka ini,” ucap Bruno.
Berdasarkan data yang diperoleh dari KPUD Sekadau, sedikitnya ada 539 caleg yang ikut berkompetisi pada Pemiliu 2009 ini. Kursi yang mereka rebut sebanyak 25 kursi.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com