Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Jumat, 17 April 2009

KPUD Sekadau Diserang Masa


Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Di tempat terpisah KPUD Sekadau juga mendapat serangan masa yang mengatas namakan dirinya Aliansi Peduli Demokrasi Kabupaten Sekadau. Kedatangan APD yang berjumlah sekitar 40 orang itu diiring oleh polisi.

Kedatangan mereka ke KPU masing-masing menggunakan kendaraan sepeda motor. Berbagai ulasan kata sindiran, mereka tuliskan di kertas karton. Kata-kata sindiran itu mereka ucapkan dengan serentak di depan kantor KPU.

”Kinerja KPU bikin pemilu ambur adul, pemilu bukan ajang jual beli suara, kinerja KPU 0 persen, kata terakhir selamatkan pemilu di bumi lawang kuari,” demikian ulasan kata sindirin yang mereka tuliskan dikertas karton.

Tak hanya itu mereka juga menyerukan yel-yel KPU Sekadau banci, KPU Sekadau banci. Berbagai kata amarah mereka tumpahkan. KPU Sekadau mendapat penjagaan ketat dari aparat keamanan.

Kedatangan mereka diterima langsung oleh Ketua KPUD Sekadau, Subandrio. Dari sekian yang hadir hanya ada empat orang yang diperkenankan untuk masuk ke ruang KPU. Tawaran KPU yang disampaikan oleh anggota polisi akhirnya diterima.

Keempa orang yang dianggap sebagai perwakilan tersebut masing-masing Sukrianto (Sekjen yang juga juru bicata), Alexander, Alel dan Agustami. Keempat perwakilan ini duduk satu meja dengan ketua KPU beserta anggota.

Forum ini mengecam bahwa proses pemilu di Sekadau tidak berjalan dengan azas adil jujur. ”Kita katakan bahwa pemilu legisltif di Sekadau tidak adil dan jujur,” ucap Sukrianto juru bicara forum tersebut.

Tuntutan mereka, agar KPU Sekadau menjunjung tinggi asa kejujuran dan peradilan serta lebih mngutamakan aspirasi rayat. Tuntutan lain seperti yang dikatakan Sukri, bahwa di dalam menentukan dan menerapkan partai dan caleg terutama yang berhak mendapat kursi di DPRD Sekadau untuk dapil 1 tidak menggunakan sistem ganda.

Tuntutan lain soal BPP. Menurut dia, jikalau menggunakan BPP perubahan, kajian dasar pembentukan haruslah berpijak kepada keadilan demokrasi dan aspirasi rakyat pemilih yang ril, serta semua parpol termasuk dalam kelompok nominator kursi DPRD Sekadau harus tembus nilai BPP perubahan jumlah nominator DP sama dengan jatah kursi di DP.

Menjawab beberapa aspirasi tersebut, Ketua KPUD Sekadau Subandrio mengatakan, semua usulan yang disampaikan itu adalah baiik adanya. Namun yang perlu diingat kata Suban, bahwa KPU bekerja sesuai dengan petunjuk undang-uandang.

Menurut Suban, sepanjang undang-undang tersebut tidak berubah maka itulah keputusannya. ”Undang Nomor 10 tahun 2008 serta peraturan KPU Nomor 15 tahun 2008 tentang tentang cara penetapan calon terpilih itulah yang menjadi dasar kita,” papar Suban.

Namun Suban berjanji akan meneruskan permohonan forum ini baik ke KPU provinsi maupun ke KPU pusat. ”Kalau memang mereka minta teruskan, ya akan kita teruskan,” ujar Suban.

Polres Sekadau Kerahkan 170 Personil.

Polres Sekadau dalam mengamankan aksi yang terjadi di dua tempat tersebut te lah mengerahkan sebanyak 170 personel. Demikian kata Wakil Ketua (Waka) Polres Sekadau AKP. Ikhlas Putro Warsono saat ditemui disela memantau situasi yang terjadi di gedung GPU.

Sebagai aparat yang bertugas dalam proses pengamanan, Ikhlas mengatakan pihaknya akan memonitoring selama 24 jam, setiap perkembangan ataupun peristiwa yang terjadi di lapangan. ”Kita berharap agar pemilu di Sekadau berjalan dengan aman, damai dan tidak diprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertangung jawab,” pesan Ikhlas.

Dalam proses pengamanan pemilu di Sekadau, Polres Sekadau telah menyiapkan sebanyak 270 personil yang dibantu 30 personil dari Polda. ”Mari kita ciptakan kondisi yang kondusif, pemilu yang damai, karena dengan pemilu yang damai berarti kita sudah melakukan pembangunan di kabupaten Sekadau,” kata Ikhlas lagi.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com