Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 28 Mei 2009

Kontingen Sekadau Boyong 9 Buah Piala

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

40 orang peserta yang diutus oleh Dewan Adat Dayak Kabupaten (DAD) Sekadau untuk mengikuti Pekan Gawai Dayak (PGD) Provinsi Kalimantan Barat ke-XXIV, tanggal 20 hingga 24 Mei 2009, boleh tersenyum. Sebab kehadiran 40 peserta yang diutus DAD melalui Sekretariat Bersama Kesenian Dayak (Sekberkesda) di rumah Betang yang berlamat di jalan Soetoyo Pontianak itu berhasil memboyong 9 buah piala dari 9 kategori yang diperlombakan..

Keberhasilan yang diraih 40 peserta ini juga tidak hanya mengharumkan nama baik DAD itu sendiri, tetapi juga secara umum untuk masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sekadau, melalui dinas Perhubungan, Telekomunikasi, Informatika, Kebudayaan dan Pariwisata.

Ketua Sekberkesda Yuspinus Swisto, ketika dihubungi Senin (25/5), mengatakan 40 peserta yang diutus berhasil meraih 9 buah piala, dari 9 kategori. ”Kita cukup puas dengan prestasi yang mereka raih, sebabab keikutsertaan kita di PGD kali ini adalah pengalaman yang pertama kali. Bersyukur apa yang ingin kita harapkan dapat tercapai. Dan ini semua tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, termasuk keaktifan para peserta dalam berlatih,” papar Yuspinus atau yang biasa akrab disapa Awis dengan nada penih syukur.

Dia menyebutkan adapun sembilan kategori yang berhasil raih antara lain, penampilan tari terbaik, penata musik terbaik, dua kategori ini masing-masing keluar sebagai juara 1, lomba memahat dan memasak, berhasil keluar sebagai juara 2. Anyam manik-manik, numbuk padi, sumpit beregu putri, penampilan stand terbaik dan display budaya, cukup puas berada posisi juara 3.

Karena sebentar lagi DAD Kabupaten Sekadau akan melaksanakan Pekan Gawai Dayak, maka kegiatan PGD Provinsi ini juga, kata Suwisto menjadi acuan dalam pelaksanaan PGD Sekadau yang menurut rencanya akan dilaksanakan Juli mendatang.


Kegiatan Gawai Dayak, kata Henri yang juga Kepala Inspektorat Kabupaten Sekadau mempunya tujuan positif karena berguna untuk mengali potensi seni dan budaya yang khsusnya di
Kabupaten Sekadau supaya tetap lestari dan berkembang.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com