Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 28 Mei 2009

Laka Lantas Rekor Tertinggi di RSUD Sekadau

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Kasus kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Sekadau periode 2008 menjadi rekor tertinggi yang ditangani oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sekadau. Pernyataan ini diungkapkan Direktur RSUD Sekadau Honorius Bruno saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/5), kemarin.

Kasus kedua yang paling banyak ditangani RSUD Sekadau selama periode 2008 selain laka lantas adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, kemudian disusul stroke bronkiate, kejang demam, gagal jantung, gagal ginjal, diabetes, kehamilan dan diagnosa.

Mengenai berapa persen kasus laka lantas yang ditangani pihak RSUD Sekadau selama priode 2008 Bruno sendiri belum tahu secara jelas, tapi kalau melihat dari grafik yang dicatat pihak Rumah Sakit (RS) bahwa laka lantas adalah kasus yang paling tinggi, diantara beberapa kasus seperti yang telah dipaparkan di atas.

Secara pribadi, Bruno juga merasa prihatin mengapa kasus laka lantas justru meningkat di Kabupaten Sekadau. Padahal dalam hal ini pihak kepolisian telah berupaya memberikan sosialisasi tentang pentingnya berdisiplin saat mengendarai sepeda motor di jalan raya. Termasuk sosialisasi soal rambu-rambu lalu lintas. ”Sebagian besar pasien laka lantas adalah mereka yang menggunakan kendaraan roda dua seperti motor,” ucap Bruno.

Sementara itu sepuluh penyakit terbanyak pasien miskin rawat inap yang ditangani oleh RSUD Sekadau selama periode 2008 antara lain, gangguan jiwa, Asma (Asthma), Tubercolosis (TBC), gastritis, hipertensi, typoid (tipus), gastroenteritis, malaria, nefrotik sindrome, dan penyakit acut miacard infaction.

Dikatakan olehnya, pasien rawat inap periode 2008 berjumlah 127 orang, sementara rawat jalan sebanyak 5082 sudah termasuk masyarakat miskin yang menggunakan jamkesmas. Jumlah kasus yang dirujuk keluar oleh RSUD Sekadau periode 2008 berjumlah 3640 orang. ”Rumah sakit yang dirujuk antara lain, RSUD Sanggau, RSUD Sintang, RSUD Sudarso dan rumah sakit Kuchinh Malaysia,” papar Bruno ramah.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com