TERIMA KASIH

TERIMA KASIH

Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 28 Mei 2009

PKK Hiasai Batas Kabupaten, Dengan Tanaman Pisang

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Kalau anda melewati jalan raya Sanggau-Sekadau, tepatnya di pintu gerbang tapal batas antara kabupaten Sanggau dan Sekadau, di sepanjang jalan itun terlihat tanaman pisang yang ditanam oleh PKK Sekadau. Pohonnya sudah tinggi menjulang, daunnya hijau, beberapa pohon sudah ada yang berbuah.

Pemandangan di sekitar batas itu terasa enak di pandang. Tanaman pisang yang ditanam oleh PKK dipercantik dengan hiajunya daun sawit. Pohonya selalu mendapat perawatan. Tak heran lahannya selalu lapang. Tapi masih ada juga yang dililiti oleh rumput liat.

Hasil tanaman pisang itu, mulai dari daun hingga buah sudah dirasakan oleh masyarakat. Biasanya pada saat gawai atau hari raya lainnya daun pisang ini kerab kali digunakan oleh masyarakat terutama untuk membungkus kue. Ini semua atas usaha keras yang dilakukan oleh PKK Sekadau.

Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau, Scolastika Simon Petrus, menyatakan pihaknya berniat menumbuh kembangkan tanaman pisang. Karena pisang salah satu tanaman yang termasuk dalam ketahanan pangan.

Selain itu juga, lanjut Tika, pisang menyimpan banyak manfaat, karena dapat mengembalikan energi yang ada di dalam tubuh. Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah kalori, protein, lemak, karbonhidrat, kalsiumdan bermacam vitamin. Asupan gizi yang menjadi favorit kebanyakan atlet suka mengkonsumsi buah pisang.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com