Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 18 Juni 2009

Lomba Desa Tingkat Provinsi

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Lomba desa merupakan upaya pemerintah dalam mempersiapkan desa sebagai ujung tombak pembangunan dan gerbang pelayanan masyarakat. Dengan demikian diharapkan pemerintah desa dapat secara optimal dapat menjalankan fungsinya sebagai sebagai mitra kerja pemerintah kabupaten dalam melaksanakan vivi dan misi Sekadau yang adil, mandiri dan demokratis.

Demikian dikatakan Bupati Sekadau Simon Petrus dalam sambutannya pada acara penerimaan tim penilai lomba desa tingkat Propinsi Kalimantan Barat Tahun 2009, bertempat di Desa Peniti, Kecamatan Sekadau Hilir, Rabu (10/6), kemarin.

Diktakan olehnya, substansi penyelenggaraan lomba desa adalah pengintegrasian seluruh pembangunan dalam rangka penyelenggaraan pemerintah desa yang meliputi program di bidang administrasi pemerintah, kependudukan, kesehatan dan keluarga keluarga berencana pendidikan, PKK dan lain sebagainya.

Bupati juga mengatakan, pelaksanaan lomba desa ini sebenarnya mempunyai berbagai macam keuntungan yaitu, kita akan mengetahui berbagai macam kekurangan yang ditemui di lapangan serta sejauhmana keberhasilan yang telah dicapai, ” ujarnya.

Pemkab Sekadau selama ini telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan pembangunan masyarakat desa yang dapat menunjang akselerasi pencapaian target yang meliputi pembangunan pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, pemerintahan, keagamaan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Dengan adanya lomba desa ini, kita harapkan dapat memberikan motivasi kepada desa dalam melaksakan desanya disegala bidang, sehingga desa di Kabupaten Sekadau dapat berpacu dan bersaing positif dalam membangun dan berupaya mensejahterakan warga masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Propinsi Kalbar, Iswantoro dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakannya lomba desa ini untuk mengevaluasi secara menyeluruh dan terpadu kegiatan pembangunan desa baik yang bersumber dari keuangan pemerintah maupun swadaya masyarakat dalam rangka memotivasi dan mengapresiasi budaya gotong royong, ”imbuhnya.

Selain itu, kegiatan lomba desa ini juga merupakan perubahan paradigma dari membangun desa kepada desa membangun. Dimana, paradigma desa membangun adalah mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membangun desanya, secara swadaya sedangkan pemerintah berfungsi mengarahkan.

Penilaian lomba desa lebih dititik beratkan pada kinerja aparat dan masyarakat dalam membangun desa.Tim Penilai lomba desa dan kelurahan terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Propinsi Kalbar, unsur PKK dan Unsur BPMD Propinsi Kalbar.

Adapun unsur yang dinilai dalam lomba desa dan kelurahan ini adalah pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat, PKK, ekonomi kerakyatan, keamanan dan trantib serta produk unggulan desa.

Acara lomba desa tingkat provinsi yang dilaksanakan di Desa Peniti berlangsung sangat meriah. Kedua tamu agung ini disambut dengan dua jenis tarian dari etnis yang berbeda. yakni Dayak dan Melayu. Ratusan warga memuat baris memanjang hingga ketempat acara untuk menyambut kedatangan bupati dan rombongan.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com