Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 18 Juni 2009

Pengoperasian Bus Sekolah Alami Kendala

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Pengoperasian bus sekolah yang kini dinanti-natikan oleh kalangan para pelajar khususnya di kota Kabupaen Sekadau hingga saat ini masih mengalami kendala. Kendala belum bisa beroperasinya bus sekolah tersebut karena disebabkan pengelolaan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Maju Mandiri yang hingga kini tak kunjung selesai.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi Informatika, Pariwita dan Kebudayaan kabupaten Sekadau Abang Ahmad Yani ketika ditemui di kantor Bupati Sekadau belum lama ini.

”Bus sekolah baru bisa operasi jika proses kerjasama pengelolaan dengan KPN Maju Mandiri telah beres. Sementara KPN itu kan baru berdiri. Kami masih menunggu administrasi pendirian KPN, jika telah selesai di proses maka dipastikan bus tersebut sudah bia beroperasi,” ungkap mantan Kadis Hutbuntam ini.

Menurut dia, sampai saat ini plat bus sekolah itu masih menggunakan plat warna merah. Sementara untuk mengalihkan dari plat merah ke plat kuning (angkutan umum) harus melalui pihak ketiga, yang disebut sebagai pihak pengelola. ”Melalui koperasi ini nanti plat tersebut baru bisa dialihkan ke plat kuning sebagai angkutan umum,” jelas Yani.

Pihaknya seperti yang disebutkan Yani tidak bermasud untuk menunda pengoperasian bus sekolah tersebut, namun karena suatu dan lain hal maka terpaksa harus ditunda. ”Kita tetap berjalan sesuai dengan aturan,” terang Yani. Secara hati nurani, Yani mengaku prihatin dengan kondisi para pelajar yang selama ini mengandalkan bus umum.

Sebab selain biayanya besar, keselamatan siswa juga diprtaruhkan. Mempertimbangkan akan hal tersebut, pihaknya tahun ini akan mengupayakan supaya bus sekolah tersebut sudah bisa beroperasi. ”Bagaimana caranya kita upayakan tahun ini sudah bisa beroperasi,” tegas Yani.

Disinggung mengenai trayek, Yani menyebutkan karena bus yang tersedia hanya dua unit, maka akan dibagai dalam dua jalur, yakni jalan Sanggau dan satu jalan Sintang. Khusus untuk jalan Sanggau trayeknya mulai dari Ensalang hingga ke SMK Negeri jalan Sintang, Sedangkan untuk jalan Sintang, trayeknya mulai dari Tapang Semadak hingga ke SMA Negeri 1 Sekadau Hilir jalan Sanggau.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com