Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Jumat, 26 Maret 2010

Masyarakat Diminta Jangan Terpengaruh Isu Povokatif

Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Terkait isu-isu panas yang menyebutkan salah satu kandidat calon kepala daerah yang membuat pernyataan bahwa dirinya dapat memenangkan perhelatan pemilukada 19 mei kelak tanpa perlu mendapat dukungan salah satu sub suku yang ada di Kabupaten Sekadau, berbagai kritik pun terlontar dari mulut para tokoh masyarakat untuk meluruskan hal tersebut.

Menyikapi isu tersebut, tokoh masyarakat H. Saharudin minta agar jangan mudah terpengaruh oleh isu-isu bersifat provokatif yang mengatasnamakan suku atau golongan yang dapat merusak tali kekeluargaan antar masing-masing etnis yang selama ini terjalin dengan baik. “Apalagi dalam suasana menjelang perhelatan pemilukada ini, masyarakat jangan terpengaruh serta tetap mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan,” pinta Wakil Ketua Komisi C DPRD Sekadau.

Dalam himbauannya tersebut, Sahar panggilan akrabnya menuturkan bahwa isu-isu yang mengandung unsur suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) yang santer terdengar akhir-akhir ini mesti ditanggapi dengan kepala dingin. “Jangan sampai hanya karena kabar yang tidak jelas kebenarannya, kehidupan kita antar etnis yang selama ini sudah terjalin dengan begitu harmonis terganggu dengan kabar-kabar angina tersebut”, ujar Sahar.

Sahar menambahkan, unsure SARA memang suatu senjata politik yang sangat ampuh untuk menimbulkan suatu kekacauan. “ Isu-isu yang mengatasnamakan suku, agama ataupun golongan ini memang sangat riskan sekali jika kita tidak bijak dalam menyikapinya. Karena ini menyangkut harga diri kita sebagai masyarakat sosial. Tentu kita tidak ingin suku ataupun agama yang kita yakini dipergunakan untuk kepentingan sekelompok orang “ pungkas pria yang juga merangkap sebagai penghulu nikah ini.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka janganlah kita terlalu mudah percaya begitu saja akan isu-isu tadi. Saya secara pribadi sangat yakin bahwa calon-calon pemimpin di Bumi Lawang Kuari ini merupakan orang-orang yang baik dan berpendidikan. Jadi sangat tidak mungkin jika mereka melakukan hal-hal yang diluar batas,” tandas pria yang juga anggota DPRD Sekadau ini.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com