TERIMA KASIH

TERIMA KASIH

Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Minggu, 02 Mei 2010

Deklarasi Kampanye Damai Pemilukada Sekadau Sukses



Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Ibu Kota Kabupaten Sekadau pagi Minggu (2/5), sempat diliputi dengan cuaca mendung. Tidak juga hujan dan tidak juga panas. Kondisi demikian mewarnai pelaksanaan seluruh deklarasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) dan Pemilihan Umum Wakil Kepala Daerah (pemiluwakada) Kabupaten Sekadau tahun 2010 yang dilaksanakan di lapangan E.J Lantu dari awal hingga akhir kegiatan.

Pada pagi itu juga cuaca sedikit terasa sejuk dari hari-hari biasanya. Sedikit terasa enak dan nyaman karena tidak panas dan bisa membuat pihak penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan calon bupati dan wakil bupati sekadau periode 2010-2015, tim sukses dan pendukung fanatik bisa lebih leluasa memanfaatkan kondisi itu untuk menyerukan yel-yel kesangan pasangan calon bupati dan wakil bupatinya.

Kota Sekadau pada pagi Minggu itu juga, terlihat lebih ramai dari hari-hari biasanya. Terlebih pada pagi itu, semua pendukung dan simpatisan saat menuju lapangan E.J Lantu menggunakan jalan kaki, tidak terkecuali pasangan calon bupati Simon Petrus dan Rupinus. Arak-arakan dengan berbagai atribut partai dan gambar pasangan calon bupati dan wakil bupati dengan berbagai corak warna warni sejenak membuat kota sekadau seperti pelangi.

Masyarakat kota Sekadau yang penasaran ingin melihat aneka warna atribut partai dan gambar pasangan calon bupati dan wakil bupati tumpah ruah turun ke jalan. Terdengar suara nyaring yang menyebutkan lanjutkan… masyarakat yang menonton pun ikut bersuara lanjutkan…ada juga yang menyebutkan sekadau kompak bersatu, ada juga yang menyebutkan, nomor satu Pensong, ada juga yeng menyebutkan, nomor tiga dan ada juga yang menyebutkan nomor lima angka keramat. Berbagi yel-yel terus dilontarkan oleh pendukung dan simpatisan.

Sekitar pukul 09.30 semua pasangan calon bupati dan wakil bupati, pendukung dan simpatisan datang dan langsung memadati lapangan E.J Lantu sesuai petunjuk KPU.

Yel-yel yang menununjukan ego calon bupatinya nyaris tak pernah berhenti mereka ucapkan. Sejenak ketika acara dimulai para pendukung dan simpatisan berdiri diam mendengar dan menyaksikan acara deklarasi kampanye pemilukada damai yang ditandai dengan pernyataan sikap dari masing-masing calon bupati dan wakil bupati dan penandatanagan kesepakatan damai dari masing-masing passangan calon bupati dan wakil bupati juga bupati, ketua DPR Sekadau, kapolres sekadau, kepala kejaksaan, dandim 204 Sanggau-Sekadau 1204 Sanggau-Sekadau dan Kepala Kejaksaaan Negeri Sanggau.

Penandatangan kesepakatan pemilukada dami berdasarkan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati. Adalah Pensong-Welly nomor urut 1 calon pertama yang menandatangani kesepakatan damai itu, dilanjutkan dengan pasangan Abun-Lisar, nomor urut 2, Masiun-Muhammad nomor urut 3, kemudian dilanjutkan dengan pasangan Simon-Rupinus nomor urut 4 dan Pasangan Djafar A Rahman-Yoseph Markus nomor urut 5.

Kelima calon bupati dan wakil bupati sekadau yang akan berkompetisi pada 19 mei 2010 nanti, sepakat dan komitmen menciptakan pemilukada di kabupaten sekadau yang tinggal menyisakan waktu kurang lebih 12 hari lagi yang damai, aman, nyaman kondisif. “Kita siap menciptakan situasi pemilukada di kabupaten sekadau tahun 2010 yang damai, aman dan bermartabat,” tegas kelima pasangan calon bupati dan wakil bupati saat menyampaikan pernyataan sikap dihadapan pendukung simpatisan dan pejabat tinggi di lingkungan pemkab sekadau dengan alokasi waktu masing-masing tiga menit.

Pawai Simpatik
Usai menandatangi kesepakatan pemilukada damai, dilanjutkan dengan acara pawai simpatik, mengelilingi kota sekadau. Rute pawai dimulai dari lanpangan E.J Lantu, keluar ke jalan Sanggau-Sekadau, melewati bundaran simpang tiga samping SDN 1 Sekadau Hilir, masuk ke jalan merdeka barat, jalan kapuas pasar sekadau, jalan irian, menyebrangni jalan Sintang-Sekadau, masuk jalan Ahmad Yani, tembus ke jalan Rawak kembali lagi lapangan E.J Lantu.

Tampil pertama urut 1 pasangan Pensong-Welibertus Welly dilanjutkan dengan nomor urut 2pasangan Abun Ediyanto-Hendri Lisar, nomor urut 3 pasangan Stefanus Masiun-Muhammad, kemudian disusul nomor urut 4 pasangan Simon Petrus-Rupinus terakhir nomor urut 5 Pasangan Djafar A Rahman-Yoseph Markus.

“Saya berharap Pemilukada di Kabupaten Sekadau bisa berjalan tertib, aman, sukses dan tidak ada warga yang dirugikan ,” kata Wahidin Halim, Incumbent Walikota Tangerang seusai menandatangani Deklarasi Pilkada Damai di Gedung KPU, Rabu (8/10).

Ketua KPU Sekadau Subandrio saat memberi sambutan mengutarakan dilaksanakannya deklarasi pernyataan siap menang dan siap kalah ini diharapkan dapat diimplementasikan semua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang dalam mengikuti Pilkada.

Dikatakan juga agar pelaksanaan Pemilukada Sekadau dapat berjalan tertib dan sukses maka semua kandidat agar dapat mengikuti semua aturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, terutama bagi para pendukung kandidat agar dapat mentaatinya. “Saya percaya semua pasangan calon dan para pendukungnya dapat mentaatinya.” Ujarnya.

Sementara menurut anggota Panwaslu, Endang mengharapkan semua pasangan calon bupati dan wakil bupati beserta para pendukung dapat mentaati peraturan pelaksanaan Pilkada, terutama pada saat masa kampanye. Kesadaran yang tinggi untuk menaati ketentuan dan aturan ini demi suksesnya pelaksanaan Pemilukada di Sekadau.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com