Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Minggu, 16 Mei 2010

TP PKK Sekadau Kenalkan Kompor Briket


Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau
Penggunaan kompor briket masih terbilang jarang. Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sekadau jauh hari sudah melakukan demo penggunaan kompor murah meriah itu. Selain irit bahan yang digunakan, kompor briket juga sangat tahan lama.

“Dulu pernah didemokan oleh anggota PKK pada kunjungan ke lapangan. Sekarang memang jarang digunakan warga karena suplay BBM masih lancar dan gas elpiji masih mudah didapat. Namun bila merindukan masakan dengan menggunakan arang kayu, kompor briket lah solusinya,” ungkap Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Ny. Scolastika Simon Petrus, kemarin.

Scolastika melanjutkan, bahan yang digunakan untuk membuat kompor briket tak lain ada wadah tempat menampung arang tersebut. arang kayu yang digunakan berbandingan dengan ampas gergaji yang kasar. Untuk melengketkan keduanya digunakan tepung kanji satu sendok yang diaduk dalam air, setelah itu aduk bersama arang yang sudah ditumbuk bersama ampas gergaji dan tunggu hingga padat baru bisa digunakan.

“Kebiasaan lidah yang terkadang rindu masakan aroma kampung halaman bisa terasa kala menggunakan api yang dihasilkan kompor briket itu. api kompor itu juga tidak kalah dengan api kompor gas elpiji. Aroma masakan menggunakan kayu bakar masih kental terasa ketika kita memasak menggunakan kompor itu,” papar ibu yang dikenal sederhana dan murah senyum ini.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com