Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 03 Februari 2011

Pemprov Kalbar Kerjasama Dengan Pemkab Sekadau Perbaiki Jalan Nasional


Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Berbagai keluhan yang selama ini terlontar dari berbagai pihak terkait dengan kerusakan jalan nasional khususnya di wilayah timur kalimantan barat yang dinilai sudah sangat parah, kini sudah ditangani sementara oleh pemerintah provinsi Kalimantan barat bekerja sama dengan pemerintah kabupaten sekadau.

Seperti yang terlihat sekarang, penambalan lobang jalan nasional yang selama ini dinilai cukup meroptkan para pengguna jalan, kini sudah mulai ditangani oleh pemerintah provinsi Kalbar bekerja sama dengan pemkab sekadau.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalbar melalui Kepala bidang Binamarga Putu Srinata ketika dikonfirmasi via telepon selular Sabtu (15/1), pekan lalu. Dikatakan dia, pemerintah provinsi Kalbar merasa berterima kasih dengan pemerintah kabupaten Sekadau yang dengan rela dan mau bekerjasama dengan pemprov kalbar dalam menangani jalan nasional yang kini kondisinya sudah sangat parah. “Kita menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemkab sekadau, karena sudah mau membantu kita dalam penanganan sementara jalan nasional ini,” ungkapnya.

Hal ini dilakukan oleh pemprov kalbar dan pemkab sekadau menurut dia yakni untuk kepentingan dan keselamatan masyarakat. Karena keterbatasan anggaran dari pusat pula lah menurut dia yang membuat kondisi jalan nasional hancur. “Kita sudah berupaya, namun kita juga dibatasi oleh anggaran, apalagi ada banyak jalan nasional yang harus diperbaiki,” ungkapnya.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2011 ini merupakan tahun yang menggembirakan, karena ada banyak jalan yang ditangani oleh pemerintah, meskipun belum dil laksanakan sepenuhnya. Dia mengakui dana yang dikucurkan oleh pusat untuk penanganan jalan sangat terbatas, sehingga ada pun pemeliharaan yang dilakukan hanya bersifat rutinitas. Seperti yang dilakukan tahun 2011 ini, pemarintah pusat hanya bisa menggarkan 50 miliar untuk pelebaran ruas jalan nasional sanggau-Sekadau.

Dari data yang disampaikannya ruas jalan Tanjung-Sanggau pemeliharaan rutin untuk tahun 2011 sepanjang 35,81 km. Dari jumlah tersebut, yang baru bisa dikontrak sepanjang 2,45 km. Sementara khusus untuk ruas jalan Sanggau-Sekadau pemeliharaan rutin yang dilakukan tahun 2011 ini sepanjang 32,09 km. Dari jumlah tersebut kontrak yang dikerjakan sepanjang 10,00 km). “Data tersebut dari satuan kerja dan dituangkan kedalam dokumen anggaran kementerian keuangan berupa RKA-KL TA 2011. Pada akhirnya baru diterbitkan DIPA TA. 2011 skarang dalam proses lelang,” paparnya.

Dikatakan dia, jika tidak ada halangan yang berarti bulan Maret 2011 pemenang tender untuk pelebaran ruas jalan Sanggau-Sekadau dan Tanjung-Sanggau sudah bisa diumumkan. Dengan demikian sekitar bulan April-Mei pengerjaanya sudah bisa dilakukan. “Mungkin sekitar bulan maret pemenang tender sudah diumumkan, sekrang tendernya masih dalam proses,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Sekadau Simon Petrus ketika dikonfirmasi via SMS Minggu (16/1), kemarin mengatakan bahwa penanganan kerusakan jalan negara Sanggau-Sekadau pelaksanaanya dilakukan oleh pemprov kalbar bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sekadau, terutama dalam hal penyediaan alat berat milik Pemkab Sekadau.
Dikatakan orang nomor satu di bumi lawang kuari ini, kebijakan ini walaupun menyalahi ketentuan karena itu statusnya jalan negara tapi demi kepentingan masyarakat umum tetap bupati laksanakan. “Kita berharap pemerintah provinsi memperhatikan kerusakan dimaksud, mohon kepada para pengguna jalan untuk menyesuaikan kondisi jalan agar volume muatan dikurangi, untuk menjaga terjadi kecelakaan di jalan,” pesan bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pertambangan Kabupaten Sekadau melalui Kepala Bidang Binamarga Ahmat Suryadi ketika dikonfirmasi via telepon Minggu (16/1), kemarin mengatakan penanganan sementara yang kini sedang dikerjakan rencanya mulai dari kota sekadau sampai ke batas antara Kabupaten Sekadau dengan Kabupaten Sanggau tepatnya di daerah Semuntai.

“Ini persetujuan antara abpn dengan pemerintah kabupaten sekadau, mudah-mudahan pengerjaanya bisa sampai di batas, tapi kalau kita melihat mereka bekerja sudah sangat serius. Pulihan truk yang membawa material sudah mulai beroperasi,” ungkapnya.

Sementara anngota DPRD Sekadau Paulus Subarno dalam pernyatannya menyambut baik upaya yang dilakukan oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten sekadau yang sudah memperbaiki jalan nasional seperti sedang dikerjakan ini, hanya saja Subarno meminta supaya pihak kontraktor memperhatikan kualitas pekerjaan sehingga pekerjaan tambal yang dilaksanakan dapat bertahan lama. “”Kita minta supaya mengutamakan kualitas, meski baru berupa perbaiki tambal, tetapi kualitas tetap diperhatikan,” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com