Kasih Itu

Sabar, Murah Hati, Tidak Cemburu, Tidak Memegahkan Diri, Tidak Sombong, Tidak Melakukan Yang Tidak Sopan, Tidak Mencari Keuntungan Diri Sendiri, Tidak Menyimpan Kesalahan Orang Lain, Tidak Bersukacita Karena Ketidakadilan, Menutupi Segala Sesuatu, Percaya Segala Sesuatu, Mengharapkan Segala Sesuatu, Sabar Menanggung Segala Sesuatu.

Kamis, 17 Maret 2011

Perayaan malam tahun baru imlek 2562 di Kabupaten Sekadau


Hermanus Hartono
Borneo Tribune, Sekadau

Perayaan malam tahun baru imlek 2562 di Kabupaten Sekadau Rabu malam (2/2) berlangsung meriah. Ter lebih dengan dukungan cuaca yang cukup baik sehingga semakin menambah semarak perayaan malam imlek yang dupusatkan di yayasan bhakti luhur jalan irian menuju terminal dan pasar sekadau.


Ratusan ledakan kembang api yang beterbangan tinggi di atas udara seakan tidak luput dari pandangan dan pendengaran warga sekitar. Warga lain yang merasa penasaran tumpah ruah turun ke jalan irian tempat di mana kembang api di ledakan. Sejenak Jalan irian pada malam itu juga ditutup oleh pihak polres Sekadau dan dialihakan melewati jalan terminal.

Selain menyaksikan kembang api, warga juga menyerbu keunikan angpau raksasa yang berdiri tegak di depan yayasan bhakti luhur. Angpau raksasa yang dibuat oleh warga tiong hoa Sekadau ini sendiri memiliki ukuran panjang sekitar 5,68 meter dengan lebar sekitar 3,18 meter. Angpau raksasa ini terlihat megah dan menarik, terlebih sisi kiri kanan dikelilingi dengan lampu hias yang didominasi dengan warna merah dan gantungan lampion.

Satu persatu warga Sekadau dari berbagai etnis datang ke lokasi yayasan bhakti luhur guna melihat keunikan dan keindahan angpau raksasa itu. Cukup banyak warga yang mengabadikan diri di depan angpau raksasa itu. Selain menyaksikan kembang api dan angpau raksasa, warga juga dipuaskan dengan hiburan rakyat. Puluhan personil polres Sekadau dikerahkan untuk mengamankan jalannya perayaan malam tahun baru imlek dimaksud.

Tepat pada hari raya imlek Kamis (3/2), sejumlah warga tionghoa terlihat berbondong-bondong datang ke vihara yang juga terletak di yayasan bhakti luhur untuk melaksanakan ritual sembahyang atau berdoa. Mereka berdoa untuk memohon berkat dan kemakmuran dalam hidup.

Vihara itu juga terlihat indah dengan beragam hiasan dan pernak pernik imlek. Suasana kota Sekadau pada hari yang sama juga terlihat ramai dengan hadirnya barongsai yang berkeliling dari rumah kerumah warga tionghoa.

Tidak ada komentar:

Template by : Andreas aan kasiangan.blogspot.com